Resep Batagor Khas Sunda Jawa Barat Yang Gurih Dan Renyah

Agen Bandarq , Resep Batagor Khas Sunda – Siapa yang tidak kenal dengan batagor. Kuliner khas Bandung yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan dihampir setiap titik Kota Bandung. Namun bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke Bandung, sebenarnya Anda bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

Apa itu Batagor? Batagor yang merupakan akronim dari bakso tahu goreng adalah salah satu jajajan khas Bandung yang mengadaptasi gaya dari Tionghoa-Bandung. Saat ini batagor sudah dikenal hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Resep Batagor Khas Sunda Jawa Barat Yang Gurih Dan Renyah

Secara umum, jajajan khas Bandung yang satu ini dibuat dari tahu yang kemudian dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola kemudian digoreng dalam minyak panas hingga matang

Bahan Resep Batagor Spesial Bandung

Ingin membuat batagor spesial asli Bandung, berikut ini adalah beberapa bahan yang harus Anda persiapkan:
1. Siapkan daging ikan tenggiri atau fillet-nya sebanyak 250 gram lalu cuci bersih dan haluskan.
2. 100 gram tepung sagu.
3. 1 butir telur ayam.
4. 50 ml santan encer.
5. 2 sendok makan merica yang sudah dihaluskan.
6. 1 sendok teh garam
7. 1 sendok teh gula pasir
8. 3-4 siung bawang putih. Kupas dan iris tipis-tipis untuk tumisan.
9. 1 sendok makan kecap kental manis.
10. 15 lembar kulit pangsit.
11. Minyak gorang secukupnya.

Proses Pembuatan Batagor Spesial Asli Bandung

Setelah semua bahan dipersiapkan, untuk proses pembuatannya adalah seperti ini:
1. Tumis terlebih dahulu bawang putih, merica halus, garam, gula pasir, dan kecap manis.
2. Ambil wadah yang cukup besar lalu masukkan bumbu-bumbu yang Anda tumis tadi lalu campurkan dengan ikan tenggiri yang sebelumnya sudah Anda haluskan. Kemudian aduk sampi rata.
3. Selanjutnya masukkan telur, tepung sagu, santan encer, dan satu sendok makan minyak gorang. Setelah itu aduk dan campur sampai merata.
4. Kemudian siapkan kulit pangsitnya. Lalu buka dan rentangkan kulitnya kemudian isi dengan adonan yang sudah Anda buat tadi. Setelah itu lipat kembali dan ujungnya sedikit dilipat.
5. Yang terakhir adalah siapkan penggorangan dan usahakan minyaknya yang banyak supaya batagor bisa terendam semua. Usahakan pada saat menggorang apinya jangan terlalu besar. Tunggu sampai batagor berubah warna kuning kecoklatan.

Salam Makananwisata.com

Post Author: warunghoki