Resep Onigiri Makanan Khas Jepang Yang Sederhana

Daftar Poker , Resep Onigiri Makanan Khas Jepang Onigiri dan Omusubi adalah salah satu jenis makanan tradisional Jepang yang setiap orang Jepang pasti pernah memakannya, berupa nasi yang dikepal dan dipadatkan. Menurut sejarah, jenis makanan seperti ini terinspirasi dari mochi beras yang dikukus kemudian dikepal dan dipadatkan menjadi satu buntal mochi, yang disebut-sebut telah ditemukan sejak abad 1 sebelum masehi.

Resep Onigiri Makanan Khas Jepang Yang Sederhana

Makanan yang dahulu dijadikan bekal bagi para prajurit ataupun pelancong ini berangsur-angsur mengalami perkembangan. Saat ini, makanan ini menjadi salah satu jenis makanan yang tidak bisa dilewatkan bagi orang Jepang, baik saat sedang terburu-buru, saat perut merasa sedikit lapar dan butuh makanan pengisi dengan porsi ringan, saat festival olahraga hingga hiking, maupun saat piknik.

Baik onigiri maupun omusubi, keduanya merupakan jenis makanan berupa nasi yang telah ditanak kemudian dikepal oleh tangan dan di dalamnya diisi dengan bahan-bahan tertentu. Makanan ini memiliki banyak sebutan tergantung pada daerah, toko, maupun rumah. Akan tetapi, bukan berarti salah satu di antaranya ada yang benar ataupun salah. Ada banyak penjelasan mengenai perbedaan penyebutan ini meskipun pada umumnya perbedaan tersebut tidak terlalu besar.

Kami akan menjelaskan beberapa di antara banyak penjelasan tersebut. Yang pertama adalah penjelasan yang menyebutkan bahwa nama tersebut berasal dari nama dewa yang muncul di legenda para dewa Jepang, yakni dewa Takamimusubi dan Kamimusubi. Diceritakan bahwa orang Jepang pada zaman dahulu mendewakan gunung dan mereka memakan nasi yang dikepal menjadi bentuk gunung dengan harapan mereka akan diberkahi oleh kekuatan sang dewa.

Selanjutnya adalah penjelasan yang menyebutkan bahwa pada Zaman Heian para bangsawan menyebut nasi kepal ini dengan omusubi , sedangkan rakyat biasa menyebutnya dengan onigiri. Selain itu, ada juga penjelasan yang menyebutkan bahwa dalam kata onigiri terkandung makna “memotong iblis (membuang aura jahat/kemalangan)”, sedangkan dalam kata omusubi terkandung makna “menghubungkan takdir (membangun pertemuan/hubungan kemanusiaan yang baik)”

Bahan-bahan

3 sdm daging ayam giling
1 butir telur
2 sdm saos tomat
1 siung bawang putih cincang
secukupnya Garam dan merica
secukupnya Air
Margarin utk menumis
3 centong nasi matang
2 lembar nori

Langkah

Tumis bawang putih cincang sampai harum. Masukkan ayam giling, telur, saos tomat, garam dan merica. Aduk rata. Tambahkan sedikit air. Setelah matang, angkat.

Siapkan nasi,pipihkan dan beri isian kemudian ditutup dg sisa nasi. Kepal2 dan beri irisan nori.

Onigiri ala2 siap utk bekal kakak sekolah, boleh ditambahkan mayones itk cocolan

Salam Makananwisata.com

Post Author: warunghoki