Sejarah Resep Nasi Bekepor Makanan Khas kalimantan Timur

Sejarah Resep Nasi Bekepor merupakan salah satu kuliner khas suku Kutai, Kalimantan Timur (Kaltim). Nasi ini adalah nasi putih yang dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Biasanya disajikan bersama dengan sayur gangan asam kukar, yakni sejenis sayur asem yang diolah bersama dengan kepala ikan dan ubi manis atau bersama Sambal Raja

Sejarah Resep Nasi Bekepor Makanan Khas kalimantan Timur

Asal-usul nasi ini berawal dari Agen Bandarq zaman kerajaan Kutai Kertanegara, hanya dihidangkan untuk anggota keluarga kerajaan saja. Masyarakat biasa tidak bisa menyantap makanan berbahan dasar beras ini. Namun kini, penganan ini tidak terbatas pada siapa saja yang ingin menikmatinya. Sesungguhnya bisa dikatakan selera para keluarga kerajaan tersebut tidak jauh berbeda dengan rakyat biasa, hanya saja cara penyajian atau alat-alat yang digunakan lebih mewah saja.

Nasi bekepor khas Kutai lama-kelamaan menjadi dikenal di kalangan rakyat biasa dan kini dijual di warung penganan Kalimantan Timur. Namun sekalipun disebut sebagai makanan khas Kutai, nasi yang sekilas mirip liwet ini tidak begitu saja mudah ditemukan, tergerus oleh makanan modern lain.

Nah Bagi Anda Yang Ingin mencoba masakan bekepor , berikut ini resep :

Bahan-bahan

400 gram beras putih
100 gram ikan gabus asin (goreng, lalu suwir-suwir)
10 lembar daun kemangi
Secukupnya minyak (untuk menumis)

Bumbu-bumbu

6 buah cabai rawit
4 lembar daun pandan (potong-potong)
3 lembar daun salam
1 sendok teh garam
1/2 buah jeruk nipis (ambil airnya)

Cara Membuat

  • Siapkan sebuah ketel. Masukkan ke dalamnya beras, air, minyak, daun salam, daun pandan, dan garam. Masak di atas api kecil sambil diaduk. Angkat.
  • Masukkan kemangi, ikan asin, cabai, dan air jeruk nipis, aduk.
  • Masak hingga bagian pinggirnya berkerak dan nasi matang. Angkat.
  • Nasi Bekepor siap disajikan.

Selamat mencoba Perantara Lovers. bagi teman teman pencinta kuliner jika suka silahakan di bantu share agar resep nasi bekepor bisa di kenal masyarakat indonesia , terima kasih salam sukses

Salam Makananwisata.com

Post Author: warunghoki